Diduga Rusia Kehabisan Rudal, Diduga Ukraina Bom Dirinya Sendiri, Ini Buktinya

Sabtu, 9 April 2022 12:53 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Seperti diketahui sebuah rudal telah menghantam stasiun kereta api di Kramatorsk Wilayah Ukraina timur. Kepala perusahaan kereta api negara Ukraina Oleksandr Kamyshin melaporkan pada hari Jumat, 8 April.

Menurut Kamyshin, dua rudal ditembakkan ke stasiun tersebut mengakibatkan 50 orang tewas, 5 di antaranya adalah anak-anak, sedangkan yang luka-luka ada 98 orang dirawat di rumah sakit, termasuk 16 anak-anak.

Temuan mengejutkan adalah, dari sisa puing-puing rudal tersebut, dapat diketahui bahwa rudal yang digunakan untuk menghajar stasiun KA tersebut jenis Tochka-U.

Tocha-U adalah nama sistem rudal taktis Soviet. yang pada tahun 2017, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan akan mempensiunkan Tochka-U dari persenjataannya dan menggantinya dengan sistem rudal Iskander. Intinya rudal Tochka-U sudah tidak digunakan lagi.

Lantas siapa yang meluncurkan rudal Tochka-U yang diiris oleh media Ukraina ini? lihat videonya di Instagram Info Bisnis

Namun faktanya, Rudal Tochka-U ini pula yang menghajar di kota Donetsk pada 14 Maret, yang kala itu menewaskan 20 orang.

Oleh karena itu pihak berwenang dan media Ukraina telah menyimpulkan bahwa pasukan Rusia telah menggunakan rudal Tochka-U dalam perang yang sedang berlangsung.

Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa mereka mungkin kekurangan rudal Iskander. Hal ini juga senada dengan laporan dari Tim Intelijen Konflik (CIT).

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler