Polres Blitar Kota : Secara resmi sistem Tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Diberlakukan Setelah Proses Sosialisasi

Senin, 4 April 2022 15:51 WIB

Share
Kapolres Blitar Kota AKBP saat memberi keterangan pada giat konferensi press
Kapolres Blitar Kota AKBP saat memberi keterangan pada giat konferensi press

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Rencana penindakan tilang dengan Sistem ETLE (Electronic Trafigh Law Enforcement) akhirnya resmi diberlakukan pada awal Mei 2022, untuk itu dalam sebulan ini masih dalam tahap sosialisasi kepada masyarakat.

Hal tersebut seperti disampaikan  Kapolres Blitar Kota AKBP Argo Wiyono SH S.IK M.Si dalam keteranganya pada wartawan pada Senin (4/4/2022) tadi siang yang didampingi melalui Kasat Lantas AKP Mulya Sugiharto S.IK

Kasat Lantas AKP Mulya Sugianto, sedang tunjukan layar monitor tata cara penilangan terhadap pelanggaran lalin di layar (Foto/Dok: Ari Poskota Jatim)


Orang nomer satu di Polres Blitar Kota ini juga mengatakan setelah melalui berbagai tahapan sosialisasi, akhirnya sistem tilang elektronik bisa diberlakukan.

"Sudah terkoneksi dengan jaringan utamanya di Polda Jatim. Hanya saja dalam sebulan ini masih sosialisasi, nanti sesudah Lebaran akan langsung diberlakukan sanksinya," papar AKBP Argo.

Untuk diketahui wilayah dalam Kota Blitar awal tahun ini sudah ada ETLE, ada tiga titik yang sudah terpasang. Yakni perempatan Plosokerep atau Jalan Kenari, Perempatan Pakunden atau Jalan Tanjung dan terakhir pertigaan Hotel Herlingga atau Jalan S Supriyadi, karena tiga titik tersebut selain rawan kecelakasn juga arus perekonomian dari arah Kediri dan Malang.

Menurut AKP Mulyo Sugiharto, untuk penindakan jenis pelanggaran yang dibidik mulai menerobos lampu peringatan, tak memakai helm, sabuk pengaman hingga tak melebihi marka jalan.

Lebih jauh AKP Mulya mengatakan bahwa dalam sebulan ini para pelanggar bakal langsung diberikan surat, dengan teknis pelanggar akan dikirimi surat beberapa hari sejak terekam melakukan pelanggaran.

"Nah, dalam surat itu tertulis jenis pelanggaran, tempat pelanggaran, waktu pelanggaran hingga gambar kendaraan", kata AKP Mulyo.

Untuk itu pihaknya sudah kerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk pengiriman surat terhadap pelanggar ýang mengendarai motor maupun mobil saat termonitor dalam layar kaca di Ruang Monitor Elektro di Polres Blitar Kota.

"Memang saat ini dalam sosialisasi para pelanggar hanya akan menerima surat teguran yang disertai rekaman bentuk pelanggaran dalam area jalan yang terpasang monitor rekaman ETLE, untuk itu kami dari Satuan Lalu Lintas Polres Blitar Kota berharap, ayo patuhi rambu Lalulintas termasuk traffic light walau tidak ada petugas, itu semua demi keselamatan," harap AKP Mulyo sambil tunjukan pelanggaran di layar monitor ETLE.

Selam hampir satu minggu uji coba pelanggaran yang termonetor di layar monetor di ruang ETLE sudah capai ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat (Ari)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar