Hari Air Sedunia, Cargill Gresik Tanam 1500 Mangrove di Sungai Kalimireng

Selasa, 29 Maret 2022 20:47 WIB

Share
Kegiatan tanam mangrove di Kalimireng Manyar. (Foto: Istimewa)
Kegiatan tanam mangrove di Kalimireng Manyar. (Foto: Istimewa)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia 2022, PT Cargill Indonesia - Cocoa & Chocolate Gresik tanam 1.500 mangrove ketiga kalinya di Kalimireng Kecamatan Manyar, bersama Yayasan Esa Khatulistiwa, ITS Surabaya dan Masyarakat Desa Manyarsidomukti, Selasa (29/3).

Kegiatan yang bertajuk Penguatan Mangrove Kalimireng sebagai Zona Konservasi, Edukasi dan Rekreasi, dimaksudkan untuk percepatan SDG’s Desa, Kabupaten Gresik dan nasional yang difokuskan pada tujuan no. 14 yaitu menjaga ekosisistem laut atau maritim.

Adi Suprayitno, Admin & Relation Manager PT. Cargill Indonesia mengatakan dengan aksi tanam ketiga ini, maka pihaknya total menanam 4000 pohon mangrove di Kalimireng Manyar.

"Langkah yang dilakukan selaras dengan target pemerintah yaitu mengurangi polusi atau limbah yang terbuang ke lautan yang disebabkan manusia termasuk limbah industri dan rumah tangga dengan upaya konservasi mangrove di wilayah pesisir," ujarnya.

Sementara  Sriyanto, Manager Program Yayasan Esa Khatulistiwa, mengatakan 1500 bibit mangrove yang ditanam Sungai Kalimireng adalah jenis Avisenia dan Rhizopora.

"Harapannya memfiltrasi air dari limbah industri dan rumah tangga yang terbuang, sehingga kualitas air tambak warga dan yang mengalir ke muara bisa lebih bersih karena kandungan limbahnya menurun,' ujarnya.

M. Muryono PhD, dari ITS  Biologi Surabaya menambahkan mangrove memiliki kemampuan yang disebut biofilter, yakni kemampuan untuk menyaring, mengikat, dan memerangkap polusi dialam bebas berupa kelebihan sedimen, sampah, dan limbah buangan rumah tangga lainnya ,  dimana fungsi ini berperan dalam meningkatkan kualitas air.

"Beberapa spesies mangrove yang memiliki kemampuan menyerap limbah air adah Avicenia marina, Rhizophora mucronata, dan Bruguiera Gymnorrhiza,” ujar M. Muryono PhD. (san)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler