Berkontribusi Lingkungan Cargill Gresik Raih Giri Panca Suar Award

Jumat, 25 Maret 2022 12:49 WIB

Share
Perwakilan Cargil saat menerima penghargaan dari Wabup Gresik. (Foto: Istimewa)
Perwakilan Cargil saat menerima penghargaan dari Wabup Gresik. (Foto: Istimewa)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Perusahaan pangan PT Cargill Indonesia - Cocoa and Chocolate Gresik mendapat penghargaan Giri Panca Suar Award dari PWI Kabupaten Gresik yang diberikan Wakil Bupati Gresik, Hj Aminatun Habibah kepada Adi Suprayitno, Admin dan Relation Manager PT Cargill Indonesia di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Kamis (24/3) malam.
 
Deni Ali Setiyono, Ketua Panitia Hari Pers Nasional (HPN) Kabupaten Gresik mengungkapkan, penghargaan  diberikan karena perusahaan asal Amerika Serikat ini dinilai memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat sekitar melalui CSR.

"Terutama dalam pelestarian dan penyediaan sarana air bersih, sanitasi, pendididikan serta keagamaan. Kepedulian ini bisa menjadi teladan bagi perusahaan lainnya," ujar Deni.

Adi Suprayitno mengatakan, kegiatan yang dilakukan Cargill di sekitar perusahaan sebagai bentuk menyukseskan SDG’S oleh pemerintah sampai tingkat desa. 
 
"Salah satunya, pengeboran sumur air bersih hingga 130 meter dan tandon, yang nantinya akan dialirkan ke 200 sambungan rumah," ujar Adi.
 
Dengan sumur air bersih ini, tambah Adi,  bisa membantu kebutuhan air bersih bagi 700 jiwa di Desa Manyar Sidorukun Kecamatan Manyar Gresik.  Dengan debit 2 liter per detik untuk mandi, cuci, kakus (MCK) dan kegiatan lainnya. 
 
Upaya lainnya adalah Program Pengembangan Bank Sampah dan Desa Hijau Lestari, bertujuan menciptakan wilayah dan masyarakat mandiri  khususnya untuk tata kelola limbah rumah tangga organik dan non-organik.

Program ini telah dijalankan setahun terakhir, di Desa Manyarejo dan Manyar Sidomukti Kecamatan Manyar ini. Targetnya adalah terbentuknya kader lingkungan baru, terbentuknya bank sampah di tiap RT, tercapainya reduksi sampah organik dan non-organik minimal 5 persen dari timbulan awal.
 
Kegiatan lingkungan hidup yang dilakuan perusahaan, kata Adi, l salah satunya  penanaman mangrove di sepanjang Kalimireng seluas 6 Hektar. Mangrove Kalimireng sebagai Zona Edukasi melalui penguatan pendidikan mangrove ke anak-anak usia sekolah, di sekitar Mangrove Kalimireng, karena Ekoliterasi Mangrove belum menjadi media pembelajaran kontekstual bagi sekolah di desa-desa Manyar komplek.
 
"Salah satu poin penting pada pelatihan ekolitersi mangrove adalah, bagaimana menjaga populasi mangrove Kalimireng, selain usaha kuratif dengan pengkayaan mangrove juga upaya preventif dengan menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap mangrove kepada generasi muda sejak dini," jelas Adi Suprayitno.

Penyelenggaraan Giri Panca Suar 2022 oleh PWI Kabupaten Gresik ini dihadiri Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, Wakil Bupati Gresik Hj Aminatun habibah, Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad, Ketua DPRD Gresik Abdul Qodir, Kadiskominfo Jatim Hudiyono, Kapolres AKBP Mohammad Nur Azis, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, Kepala Kemenag Gresik Sahid, Ketua PWI Jatim Lutfi Hakim. (san)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler