Jet Tempur Supersonik yang akan Membuat Putin Berkeringat Tiba di Inggris

Senin, 7 Maret 2022 21:07 WIB

Share
F-35B Inggris terbang di selat Channel/IST
F-35B Inggris terbang di selat Channel/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Tiga jet tempur supersonik yang akan 'membuat Vladimir Putin berkeringat' terlihat tiba di Inggris.

Jet petir (lightning jet) F-35B, senilai £ 100 juta per unit, mendarat satu demi satu di RAF Marham di Norfolk, menandai batch pertama jet siluman yang tiba tahun ini, The Sun melaporkan.

Mereka mampu melakukan misi udara-ke-permukaan, peperangan elektronik, pengumpulan intelijen dan udara-ke-udara secara bersamaan.

Pesawat membawa 22.000 pon daya tembak termasuk delapan bom berpemandu laser Paveway dan rudal pelacak inframerah yang dirancang untuk berlari lebih cepat dari bom udara lainnya.

Dengan kecepatan tertinggi 1.200 mph, mereka dapat mencapai ketinggian 50.000 kaki dan hanya membutuhkan landasan pacu 450 kaki untuk lepas landas.

Mereka adalah yang pertama dari jenis mereka untuk menghindari teknologi radar siluman karena kecepatan supersonik mereka, dan juga dapat membawa meriam GAU-22A 25mm di pod di atas mesin port mereka.

Mesin tempur ini akan membuat Putin atau musuh berkeringat. Mereka adalah jet yang luar biasa dan menakutkan," kata seorang saksi mata.

Jet tiba dari Texas dan diyakini ditujukan untuk RAF, yang dilaporkan ingin memiliki 80 unit.

Mereka pertama kali tiba pada tahun 2013 sementara tiga akan tiba akhir tahun ini dan tujuh lagi pada tahun 2023.

Diharapkan semua 48 di batch pertama akan dikirimkan pada akhir 2025.**

Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler