Jembatan Glendeng Tuban Rusak Lagi, Pemiliknya Bukan Pemkab Tuban

Senin, 28 Februari 2022 20:45 WIB

Share
Tangkap Layar Dok Kang Mus JB
Tangkap Layar Dok Kang Mus JB

POSKOTA JATIM- Jembatan Glendeng yang baru  baru selesai diperbaiki pada awal tahun 2022 kemarin kembali rusak. Kerusakan ada pada tiang penyangga kedua dari sisi wilayah Tuban.

Penyebabnya kemungkinan adalah penurunan tanah di sekitar tiang penyangga jembatan dikarenakan turunnya arus air bengawan solo dan beratnya beban tonase kendaraan yang melintas di atas jembatan.

"Sehingga terjadi tarikan-tarikan pada pondasi sekitar penyangga dan tembok penahan tanahnya juga alami retak retak. Ini masih tanggung jawab kontraktor ya," kata Kepala Dinas PU Tuban Agung Supriyadi saat, Senin ( 28/2/2022).

 

Terkait kerusakan pada jembatan ini, Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Tuban tegaskan jika jembatan ini sebenarnya tidak tercatat sebagai salah satu aset miliknya, namun beberapa waktu lalu diperbaiki oleh pemkab Tuban itu karena kondisi darurat.

"Sebenarnya status jembatan ini tidak jelas aset kepemilikannya. oleh Bojonegoro tidak, Tuban tidak, propinsi, pusat juga tidak tercatat sebagai asetnya." 

Ia menambahkan, dikutip dari Detiknews setelah dirapatkan bersama, akhirnya untuk diserahkan kepada PU Propinsi. Namun syaratnya harus ada yang mengakui sebelumnya salah satu kabupaten dulu baru PU propinsi mau menerima.

 

Pasca dibukanya jembatan selama hampir satu bulan kendaraan dengan tonase berat lebih dari 8 ton tampak hilir mudik melintasi Jembatan Glendeng yang hanya kelas 3, yang semestinya hanya mampu dilewati kendaraan di bawah 8 ton beratnya.

Oleh karena itu, kini Jembatan Glendeng ditutup untuk kendaraan roda enam lebih dan muatan berat .**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler