Beberapa Seniman Tanam Bibit Pohon di Kawasan Petilasan Gadjah Mada Jabung

Minggu, 13 Februari 2022 20:24 WIB

Share
Kegiatan penanaman bibit pohon para seniman jatim(Foto/Dok: Gandung Kardiyono Poskota Jatim)
Kegiatan penanaman bibit pohon para seniman jatim(Foto/Dok: Gandung Kardiyono Poskota Jatim)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Usai melakukan pertemuan bulanan dan diskusi budaya di Yayasan Tlasih 87 Kec. Puri Mojokerto, Minggu (13/2) para seniman yang tergabung dalam Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim, melanjutkan kegiatan penanaman bibit pohon.

Kepedulian lingkungan dan kawasan hutan tersebut, dilakukan di area petilasan Gadjah Mada, Desa Jabung, Jatirejo, Mojokerto. Bibit pohon yang ditanam adalah buah apokat dan durian.

Kegiatan penanaman bibit pohon para seniman jatim (Foto/Dok: Gandung Kardiyono Poskota Jatim)


Kegiatan upaya pemulihan hutan ini hasil kerjasama FPK Jatim dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mitra Wana Sejahtera Jabung.

Sedangkan untuk pengadaan bibit pohon tersebut diprakarsai oleh Ponpes Segoro Agung di Desa Sentonorejo Kec. Trowulan, Mojokerto, asuhan KH. Bimo Agus Sunarno

"Kami merasa senang bisa ikut berpartisipasi dalam penghijauan kembali hutan, yang menjadikan sumber mata air. Mendatang akan diagendakan kembali dengan melibatkan lebih banyak peserta," ujar Ki Bagong Sabdo Sinukarto, Ketua FPK Jatim.

Menurutnya kegiatan sedekah bumi dengan cara menanam pohon ini, salah satu bentuk kepedulian pada alam semesta. Rasa terima kasih kita pada sang pencipta, dengan melestarikan bumi ciptaan Nya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua LMDH Mitra Wana Sejahtera, Ahmad Yani juga menyampaikan bahwa, kerjasama dengan berbagai komunitas ini merupakan sarana yang efektif, untuk mengajak masyarakat lebih peduli pelestarian hutan.

"Kehadiran para seniman untuk menanam pohon, merupakan bentuk kerjasama yang baru dan baik sekali. Selama ini kami masih sebatas mengajak komunitas kampus, sekolah, dan kelompok peduli lingkungan," kata Yani.

Dirinya juga berharap, berbagai komunitas bidang lainnya bisa menjalin kebersamaan, ikut menghijaukan kembali hutan. Menurut keterangannya masih banyak area hutan yang memerlukan penghijauan di wilayah Jabung. (GG)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler