Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Surabaya Menggelar Talk Show Dan Lomba Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja

Jumat, 14 Januari 2022 11:16 WIB

Share
Ketua IIDI Cabang Surabaya Santi Indra Tjahjono, S.Psi Foto Bersama Saat Pembukaan Acara HUT IIDI ke-67 di Rumah Batik Danar Hadi Surabaya (Foto: Bambang Gunawan Poskota Jatim)
Ketua IIDI Cabang Surabaya Santi Indra Tjahjono, S.Psi Foto Bersama Saat Pembukaan Acara HUT IIDI ke-67 di Rumah Batik Danar Hadi Surabaya (Foto: Bambang Gunawan Poskota Jatim)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Memaknai bertambahnya usia ke-67, Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Surabaya menggelar serangkaian acara Talk Show edukatif kesehatan dengan tema "Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pemahaman Kesehatan Reproduksi Remaja" pada Kamis, 13 Januari 2022.

Pada perayaan HUT ke-67 IIDI sekaligus memperingati Hari Ibu ke-93, yang berlangsung di Rumah Batik Danar Hadi Jalan Diponegoro Surabaya juga diadakan lomba penyuluhan "Sehatkan Reproduksi Remaja Melalui Life Skill" dan fashion show.

Narasumber Talk Show dr. Sophiati Sutjahjani, M.Kes (Baju Putih) (Foto: Bambang Gunawan Poskota Jatim)


Santi Indra Tjahjono S.Psi Ketua IIDI Cabang Surabaya dalam sambutannya menyampaikan, bahwa menjaga kesehatan reproduksi pada masa remaja sangat penting, karena merupakan waktu terbaik untuk membangun kebiasaan yang baik mengenai kesehatan diri.

Pada dasarnya pengetahuan kesehatan reproduksi yang harus dimiliki oleh para remaja, tidak hanya bagaimana menjaga kesehatan dan fungsi organ reproduksi, tetapi juga untuk menghindari remaja melakukan hal-hal yang menyimpang.

"Remaja memiliki rasa keingintahuan yang besar dan cenderung ingin mengeksplorasi dunia, apabila tidak diberi  perhatian dan dibiarkan tanpa pengawasan, perbuatan berisiko dapat memunculkan berbagai masalah," tuturnya.

Santi berharap agar para remaja setidaknya ikut memahami tidak hanya dari segi reproduksi saja, tapi dari aspek sosial psikologis mereka.

Sehingga mereka dapat mempertanggungjawabkan perilaku mereka pada usia tersebut, dan sehingga tidak terjadi hal-hal yang menyimpang atau hal-hal yang tidak kita inginkan.

"Harapan kami dengan adanya Talk Show ini, dapat menambah wawasan anggota IIDI dan selanjutnya dapat berperan serta memberi edukasi kepada para remaja, supaya masa remajanya menjadi lebih bermanfaat sampai nantinya mereka menjadi generasi penerus bangsa yang unggul," tambah Santi

Sementara dokter Sophiati Sutjahjani, M.Kes dalam kesempatannya sebagai narasumber talk show menjelaskan bahwa, remaja adalah masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa.

Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisik maupun perkembangan psikis.

Arus informasi telah merubah cara berpikir, cara bersikap dan cara bertindak para remaja berkaitan dengan kesehatan reproduksi.

Untuk itu perlunya peran orang tua menanamkan kemampuan berpikir kritis dengan cara pembekalan ilmu agama yang kuat, menanamkan berpikir mendalam pada semua persoalan dan tidak sekedar mengikuti pendapat kebanyakan orang.

"Bahwa remaja harus mampu memfilter dan menguji setiap fakta, informasi dan pemikiran untuk dilihat bukti dan kebenarannya," ujarnya.

Lomba untuk menggali minat bakat dan meningkatkan kemampuan anggota IIDI adalah suatu hal yang biasa dan sering dilakukan.

Foto Bareng, Para Pemenang Lomba Penyuluhan "Sehatkan Reproduksi Remaja Melalui Life Skill" (Foto: Bambang Gunawan Poskota Jatim)


Dari rundown acara, panitia menyiapkan lomba penyuluhan dengan tema "Sehatkan Reproduksi Remaja Melalui Life Skill" yang diikuti oleh masing-masing ranting dengan mengirim dua peserta perwakilan. Dengan mengenakan busana nasional, peserta diminta memaparkan penyuluhan dalam durasi tujuh menit.

Unjuk kebolehan masing-masing peserta dalam pemaparan materi dan tehnik penyuluhan membuat tim juri sedikit kerepotan untuk membuat penilaian, karena semua peserta sama-sama bagus.

Untuk pengumuman pemenang lomba penyuluhan kesehatan, Juara I Agatha Fandy (ranting Surabaya Selatan), Juara II Mirna Pungky (ranting Surabaya Timur 1),  dan Juara III Virgianty Primadenny (ranting Surabaya Timur 1).

Sebagai penutup rangkaian acara, ditampilkan peragaan busana batik Danar Hadi yang diperagakan oleh Ibu-ibu anggota IIDI. (Bagas)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler