Minum Kopi Dapat Menurunkan Berat Badan Namun Perhatikan Aturannya

Senin, 3 Januari 2022 06:30 WIB

Share
Minum kopi terlalu banyak merusak otak./IST
Minum kopi terlalu banyak merusak otak./IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Minum kopi atau ngopi menjadi gaya hidup masa kini. Kebiasaan ini ternyata punya manfaat lain yaitu menurunkan berat badan.

“Kopi meningkatkan metabolisme karena komponen utamanya, kafein, adalah stimulan yang meningkatkan termogenesis metabolik, yaitu proses di mana tubuh menghasilkan panas dari zat makanan yang dicerna,” kata Daniel Boyer, MD, peneliti medis di Des Moines, Iowa."

"Menurut Harvard Health Publishing, metabolisme yang cepat berarti Anda akan membakar lebih banyak kalori di siang hari, baik saat Anda bergerak atau saat istirahat. “

Ini berarti tingkat metabolisme yang lebih cepat mendorong penurunan berat badan yang lebih cepat daripada tingkat metabolisme yang lebih lambat,” kata Dr. Boyer.

Bagi sebagian orang, minum kopi meningkatkan perasaan kenyang, menurut Mayo Clinic. Itu dapat memengaruhi berat badan Anda, karena jika Anda tidak meraih makanan dan camilan ekstra sepanjang hari, Anda mungkin mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Asupan kalori berlebih merupakan kontributor utama kenaikan berat badan, kata Boyer.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada April 2017 di International Journal of Food Sciences and Nutrition menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi kafein 30 menit hingga 4 jam sebelum waktu makan memiliki asupan makanan yang lebih rendah.

Namun, penelitian lain belum mengkonfirmasi tautan ini, jadi jangan pertaruhkan diet Anda pada efek ini.

Studi sebelumnya menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 250 mililiter (ml) kopi (sekitar 1 cangkir) tiga kali sehari mengalami penurunan lemak tubuh selama masa studi empat minggu.

Studi lain, yang diterbitkan Desember 2019 di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum empat cangkir kopi per hari menyebabkan penurunan 4 persen lemak tubuh selama studi 24 minggu.

Halaman
Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler