Melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Dzulhijjah Tanggal 24 dan 25 Juli 2021

Jumat, 23 Juli 2021 11:26 WIB

Share
Ilustrasi. pexels | admed aqtai

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Buat Anda yang belum memahami agama secara mendetail, kita tahu bahwa hari Tasyrik tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah adalah hari yang diharamkan untuk berpuasa bagi umat muslim.

Dalam hadits disebutkan:
أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ
Dalam hadits disebutkan, "Hari-hari Tasyrik adalah hari makan dan minum." (HR  Muslim no 1141).

Beberapa amalan yang dianjurkan dilakukan bagi umat muslim pada hari Tasyrik adalah dengan membaca zikir.

Pada Hari Tasyrik disunnahkan untuk memperbanyak berdzikir. Bacaan dzikir tahmid, takbir maupun berbagai bacaan dzikir lainnya.
وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ

Sementara puasa sunnah Ayyamul bidh dapat dilaksanakan pada setiap bulan Hijriah tanggal 13, 14, dan 15 H atau kalender Masehi tepatnya pada hari Jumat tanggal 23, 24, 25 Juli 2021).

Dalam haditsnya mengutip @rumayshocom, Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa sallam bersabda: "Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 pada bulan Hijriyah." (HR Tirmidzi, no 761 dan An-Nasa'i, no 2425, Abu'Isa Tirmidzi mengatakan bahwa haditsnya hasan).


ㅤㅤㅤㅤㅤㅤSehingga solusi puasa Ayyamul bidh pada 13 Dzulhijjah. Berpuasa Ayyamul bidh pada bulan Dzulhijjah hanya pada 14 dan 15 Dzulhijjah saja.

Sedangkan 13 Dzulhijjah diganti di hari apa pun pada bulan Dzulhijjah, bisa tanggal 16 Dzulhijjah atau lainnya.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Sehingga jika tidak dapat puasa pada Ayyamul bidh tanggal 13 Dzulhijjah, maka yang berlaku adalah hadits berikut.

Dari 'Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash radhiyallahu 'Anhuma, Rasulullah Shallallahu  Alaihi Wa Sallam bersabda: Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun. (HR. Bukhari, no 1979).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Hadits di atas menunjukkan bahwa puasa Ayyamul bidh itu lebih utama jika punya kemudahan untuk dikerjakan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriah.

Namun jika tidak mudah untuk mengerjakannya, cukup berpuasa tiga hari pada hari mana saja yang disuka. Demikian penjelasan Syaikh Sa'id bin Wahf Al-Qohthoni dalam Ash-Shiyam fil Islam, halaman 375. (*)
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Editor: Dodohawe
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler