Pembangunan Berkelanjutan dan Proses Peningkatan SDM dan UMKM di Indonesia

Jumat, 31 Desember 2021 19:25 WIB

Share
Ilustrasi (foto: pixabay/giralt)
Ilustrasi (foto: pixabay/giralt)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Jika tak ada manusia sendiri di bumi, maka tak ada tujuan pembangunan berkelanjutan, sehingga bumi akan senyap.

Manusia adalah obyek dan subyek dari dampak atas perbuatannya sendiri baik dimasa lalu, masa sekaran dan masa yang akan datang.

Bahkan manusia sendirilah pulalah yang akan merasakan dampak dari segala aktivitasnya itu.

Untuk itu perlu adanya proses yang berkesinambungan terhadap mengelola alam semesta. Salah satunya adanya pembangunan berkelanjutan dan berkesinambungan.

Di Indonesia walaupun dari manusianya sendiri sering melakukan kesalahan, bahkan bisa dikatakan SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia masih kurang mampu untuk melakukan pembangunan berkelanjutan yang sudah dicanangkan misalnya untuk pada tahun 2030.

Menurut data yang dilansir media Republika bahwa modal sumber daya manusia (SDM) dinilai menjadi faktor penting dalam pembangunan.

Proses pembangunan yang tidak mengutamakan modal SDM cenderung akan mengalami kegagalan.

Sebagai contoh kegagalan dari MDGs (Sustainable Development Goals) yang akhirnya melahirkan konsep baru, SDGs.

SDGs merupakan dokumen yang menjadi acuan dalam transformasi dunia menuju 2030.

Untuk mencapai Pembangunan Berkelanjutan (Transforming Our World) yang disepakati di New York 2 Agustus 2015 oleh 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler