Bupati Gresik Minta Jajaran Dishub Dukung dan Kawal Program e-Parkir

Sabtu, 27 November 2021 14:34 WIB

Share
Bupati Gresik saat mengingatkan jajaran Dishub untuk mengawal dan mendukung  program e-parkir. (Foto: Istimewa)
Bupati Gresik saat mengingatkan jajaran Dishub untuk mengawal dan mendukung  program e-parkir. (Foto: Istimewa)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani memerintahkan  seluruh jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik untuk mendukung dan mengawal program e-parkir (parkir non-tunai).

"Siapa saja yang tidak mendukung, atau bahkan mengganjal kebijakan ini, akan saya evaluasi posisinya," ujar Gus Yani, sapaan akrab bupati, saat secara khusus memimpin apel dengan jajaran Dishub Gresik, Jumat (26/11).

Kenapa pihaknya getol merealisasikan program ini, kata Gus Yani, karena melalui sistem pembayaran non tunai dinilai jauh lebih baik dibandingkan tunai menggunakan karcis parkir atau bayar tunai.

"Di era digitalisasi seperti ini, kita harus bisa mengimbangi dengan berbagai inovasi. Salah satu inovasi tersebut adalah, penerapan parkir non tunai atau secara elektronik," kata Gus Yani.

Menurut Gus Yani, dengan diberlakukannya sistem e-parkir maka pendapatan daerah dapat dikontrol secara akuntabel dan transparan.

"Sistem ini memberi kemudahan pemerintah, dalam mengontrol pendapatan daerah dibidang retribusi parkir. Satu sisi pendapatan daerah dapat diketahui lebih transparan, masyarakat juga bisa memantaunya,' tuturnya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada seluruh jajaran dishub untuk serius mengawal dan mengawasi. Masyarakat juga diharapkan mendukung sepenuhnya  kebijakan pemerintah ini.

Kepala Dinas Perhubungan Tursilo Herujogi menyatakan optimis, bila e-parkir diterapkan bisa menekan angka kebocoran dan sebaliknya malah meningkatkan PAD dari sektor parkir.

Apalagi bupati langsung menyatakan dukungannya, sehingga menambah optimis jajaran Dishub kalau target parkir akan terpenuhi.

"Kita juga akan memasang sejumlah CCTV di area parkir yang potensial, untuk memantau langsung situasi di lapangan," ujarnya.

Dikatakan Tursilo, cara mengoperasikan aplikasi e-parkir sangat mudah. Aplikasinya bisa diunduh di PlayStore, cari QRIS kemudian klik. Kalau sudah terhubung, maka otomatis sudah bisa digunakan sebagai pembayaran parkir.

Sedangkan untuk para jukir, tambah Tursilo, Dishub juga tetap 'ngopeni' dengan cara dibuatkan rekening di Bank Jatim Gresik.

"Nantinya hasil kerja mereka otomatis kita transfer ke rekening masing-masing. Kalau kerjanya rajin, tentu saja nominal di rekeningnya akan banyak," ujar Tursilo. (san)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler