Pesawat Tempur F-15 Korea Selatan Cegat Pesawat Militer Rusia dan China

Jumat, 19 November 2021 21:21 WIB

Share
Pesawat yang masuk wilayah udara Korsel/IST
Pesawat yang masuk wilayah udara Korsel/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Korea Selatan menerbangkan pesawat tempur pada hari Jumat (19 November) ketika pesawat tempur Rusia dan China dalam latihan bersama memasuki zona identifikasi pertahanan udara, kata kepala militer di Seoul.

Namun, "tidak ada invasi wilayah udara", Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Empat pesawat tempur China memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (KADIZ) diikuti oleh 15 pesawat Rusia, menurut Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan.

"Militer kami menerima balasan dari pihak China bahwa itu adalah ... pelatihan normal melalui jaringan komunikasi langsung Korea Selatan-China."

JCS mengatakan telah mengevaluasi situasi sebagai latihan bersama Rusia-China, dan bahwa pesawat terbang di dalam zona itu selama sekitar 10 menit.

Korea Selatan mengirim pesawat tempur F-15 dan F-16 bersama dengan tanker pengisian bahan bakar udara sebagai "tindakan taktis normal" ketika pesawat Rusia dan China mendekati zona tersebut, JCS menambahkan.

Serangan itu terjadi di timur laut Dokdo - pulau kecil yang juga diklaim oleh Jepang, yang menyebutnya Takeshima.

Zona identifikasi pertahanan udara berada di luar wilayah udara suatu negara atau wilayah, di mana pesawat asing dipantau untuk alasan keamanan.

Namun, mereka menyatakan diri dan secara teknis wilayah udara internasional.

Pada 2019, jet tempur Korea Selatan menembakkan lebih dari 400 tembakan peringatan dan Jepang mengeluh ke Moskow setelah sebuah pesawat militer Rusia melanggar wilayah udara di dekat pulau yang disengketakan.

Halaman
Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler