Putra Kedua Arief Muhammad Sudah Punya Dua Gigi Saat Lahir, Keanehan Apa yang Terjadi?

Jumat, 12 November 2021 15:27 WIB

Share
Lahir sudah punya dua gigi/IST
Lahir sudah punya dua gigi/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Anak kedua Arief Muhammad, Mecca Ayu Amanjiva sudah tumbuh dua gigi saat baru lahir. 

"Ada yang unik ketika Mecca lahir. Dokter kaget karena saat lahir sudah ada dua gigi. Kata dokter ini kejadian yang lumayan langka," tulis Arief di Instagramnya, Jumat (12/11/2021).

Mengutip Healthline, kondisi ini disebut natal teeth atau gigi natal. Kasus gigi natal pun relatif jarang, hanya terjadi pada sekitar satu dari setiap 2.000 kelahiran.

Gigi natal bisa tampak misterius, tetapi ada kondisi tertentu yang dapat meningkatkan kemungkinan bayi lahir dengan gigi. 

Gigi ini dapat terlihat pada bayi dengan celah langit-langit mulut atau bibir.

Bayi yang lahir dengan kelainan pada dentin (jaringan terklasifikasi yang membantu membentuk gigi) mungkin juga memiliki gigi natal.

Sebagian besar kasus gigi natal hanya melibatkan satu gigi. Terlahir dengan banyak gigi bahkan lebih jarang.

Gigi depan bawah adalah yang paling umum, diikuti oleh gigi depan atas. Kurang dari satu persen bayi dengan gigi natal lahir dengan gigi geraham.

Natal teeth memiliki bentuk seperti gigi bayi pada umumnya, tapi dengan ukuran yang lebih kecil, berwarna kekuningan, tidak memiliki akar, dan mudah goyang. Kondisi ini cukup jarang terjadi dan umumnya tidak berbahaya.

Meski tergolong normal, natal teeth dapat menyebabkan beberapa gangguan atau keluhan, yaitu:

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler