Warga Grabagan Tuban, Tekuni Usaha Kuningan Tembus Pasar Internasional

Selasa, 9 November 2021 07:43 WIB

Share

POSKOTA JATIM- Agus Saiful, warga Dusun Ngenul, Desa Grabagan, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, tidak hanya mampu menembus pasar domestik. produk kerajinan barang antiknya bahkan  mampu menembus pasar internasional.

Selepas  keluar dari pekerjaannya, Pria 36 tahun ini, mencoba menekuni usaha pembuatan miniatur barang antik yang bernilai seni tinggi, hanya dengan berbekal alat sablon, cetakan, alat plong, air keras dan juga lembaran kuningan sebagai material utama. Dalam sehari, ia bisa memproduksi ratusan miniatur barang antik. 

Usaha yang dirintisnya sejak 9 tahun yang lalu itu sama sekali tidak terdampak pandemi Covid-19 dan permintaan barang cukup stabil, tidak seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan usaha lainnya yang loyo akibat pandemi, bahkan sampai gulung tikar.

Produk andalannya, di antaranya miniatur karakter tokoh wayang dan keris.

"Satu bulan sekali kami kirim dengan jumlah sekitar 500 kodi dan yang sering dipesan bentuk adalah miniatur barang antik berbentuk semar dan keris," jelas Agus saat ditemui di rumahnya, Senin (08/11).

Agus mengaku memasarkan melalui relasinya yang ada di Surabaya. Sejurus kemudian, barang tersebut dipasarkan ke luar daerah hingga ke luar negeri.

"Sistemnya saya jual ke teman yang ada di Surabaya, nanti dia yang jual lagi ke konsumennya yang ada di Jogja, Kalimantan, ada juga yang ke Brunei serta Malaysia," katanya.

Dalam proses pengerjaan, dikutip dari Tubankab, selama ini Agus hanya dibantu istrinya, mulai dari pembuatan pola, pemotongan hingga finishing. 
Melihat potensi pasar yang menjanjikan, Agus berencana mengembangkan keahliannya dengan memproduksi gantungan kunci dengan material berbahan dasar kuningan.

"Rencananya, bikin gantungan kunci. Sebab ada beberapa konsumen yang pesan. Namun untuk saat ini belum, karena waktu dan tenaga yang terbatas," pungkasnya.**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler