Inilah Prestasi UKM Sastra Jejak ISI Surakarta Dalam Bulan Bahasa dan Sastra Kemendikbudristek

Kamis, 4 November 2021 11:05 WIB

Share
Salah satu cuplikan persiapan pembuatan video UKM Sastra Jejak ISI surakarta. foto: screeshot video
Salah satu cuplikan persiapan pembuatan video UKM Sastra Jejak ISI surakarta. foto: screeshot video

JATIM.POSKOTA.CO.ID - UKM Sastra Jejak ISI Surakarta berhasil meraih perigkat pertama dalam Lomba Video Monolog, Pesan Pujangga Menyelami Karya N.H Dini yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa pada, 28 Oktober 2021 lalu.

Bulan Bahasa dan Sastra yang diadakan pada tahun 2021 ini merupakan program tahunan yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud).

Selain untuk memperingati Sumpah Pemuda acara ini sebagai sarana untuk memelihara semangat dan meningkatkan peran masyarakat untuk pengembangan bahasa dan sastra Indonesia.

Ayu Sulistiyaningsih yang akrab dengan nama panggung Munir, didapuk sebagai aktor dalam pertunjukan kali ini, Membawakan naskah yang sudah diadaptasi dari kumpulan cerpen dan novel karya N.H Dini 'Jalan Bandungan'.

 "UKM Sastra Jejak sendiri mengikuti even ini sebagai bentuk proses kreatif dan juga konsistensi dalam ber-teater sebagai bentuk semangat berkarya dimasa pandemi seperti ini," ujar Dicky Munyuk ketika diwawancarai usai pengumuman yang disiarkan via Youtube (30/10/21).

Dalam karya ini banyak penyesuaian yang harus dilakukan mengingat dalam praktiknya monolog teater dipentaskan secara langsung dan tidak melewati proses perekaman serta editing, berbeda dengan proses pembuatan film.

UKM Sastra Jejak mencoba untuk mengkomposisi berbagai macam bahan-bahan yang digunakan dalam artistik,pemilihan lampu  untuk tata cahaya, dan juga teknik-teknik dalam menggarap serta berperan.

Berikut nama-nama yang berperan dalam produksi karya:
Ayu Sulistyaningsih (Aktor)
Dicky Candra S (Sutradara)
Sahrul Mubarok (Penata Cahaya)
Indah Ayu S (Makeup Kostum)
M Lutfi Aziz (Pimpinan Produksi)
Adi Wibowo dan Wenang Mukti S (Kameramen)
Irsan Sarasadi (Editing Video)
Firdus Adi Widagdo (Penata Musik).

Kabar manis ini sekaligus juga menjadi hadiah ulang tahun ke 29 tahun UKM Sastra Jejak ISI Surakarta yang jatuh pada tanggal 4 November 2021. (Candra Arif Rachman Hakim)

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar