Ketua Dekranasda dan Diskoperindag Gresik lepas produk UMKM Sarang Burung Walet ke Hongkong

Jumat, 22 Oktober 2021 19:35 WIB

Share
Ning Nurul didampingi Agus Buiono melepas ekspor produk UNKM Ujungpangkah ke Hongkong. (Foto: Istimewa)
Ning Nurul didampingi Agus Buiono melepas ekspor produk UNKM Ujungpangkah ke Hongkong. (Foto: Istimewa)

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Ujungpangkah berhasil ekspor sarang burung walet dan produk hasil olahannya dengan merk Birdnestjoy ke Hongkong.

Pelepasan ekspor yang dilakukan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, Jumat (22/10) berupa 1.200 minuman olahan sarang burung walet dan 30 kg liur walet, dengan nilai total sebesar Rp 900 juta.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik Agus Budiono mengucapkan selamat atas keberhasilan Birdnestjoy yang bisa menembus pasar Hongkong lewat produk-produknya.

"Keberhasilan produk sarang burung walet dari UMKM Ujungpangkah ini memberikan harapan untuk pemulihan ekonomi Kabupaten Gresik, dan khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah Kabupaten Gresik." ucap Agus Budiono.

Agus Budiono mengingatkan kepada pelaku UMKM mengenai arahan Bupati Fandi Akhmad Yani untuk jangan takut berorientasi ekspor,  dan cukup berfokus pada kualitas produknya.

UMKM jangan pusing mengurusi administrasi ekspor dan lain sebagainya, karena itu akan diurus Bea Cukai dan Diskoperindag.

"UMKM cukup fokus menjaga kualitasnya. Saya berharap Birdnestjoy bisa mempertahankan kualitas dan kuantitas produknya," ujar Agus Budiono.

Eko Rudi Hartono, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Kabupaten Gresik juga mengungkapkan ini momentum UMKM Gresik mampu menembus persaingan di pasar internasional.

"Kami semua akan terus berkolaborasi untuk pengembangan Gresik secara makro, dan akan mendorong siapapun yang menjadi UMKM-nya supaya bisa dan berani ekspor sesuai arahan dari bupati," ujarnya.

Ketua Dekranasda Gresik memberikan apresiasi atas keberhasilan UMKM Ujungpangkah yang berhasil ekspor dengan nilai yang cukup tinggi.

"Ini patut diapresiasi, karena hasil produksi teman-teman UMKM ini membawa nama Kabupaten Gresik di dunia internasional," ujar Ning Nurul, sapaan akrabnya.

Ning Nurul berpesan, agar UMKM fokus pada kualitas produk keberhasilan UMKM menembus pasar Internasional merupakan motivasi bagi lainnya untuk  minder bersaing.

Uly Darojah, pemilik Birdnestjoy memberi semangat kepada UMKM Gresik agar berani dan tidak berkecil lagi.

"Walaupun UMKM, kita bisa lebih besar karena dibantu dinas terkait. Khususnya dukungan Bupati Yani yang sangat pro UMKM untuk go global dan go ekspor," tutupnya. (san)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler