Banyuwangi Siapkan 2.300 Dosis Vaksin Gratis untuk Binatang Liar dan Peliharaan, ini Cara Mendapatkannya

Rabu, 22 September 2021 05:55 WIB

Share
ilustrasi kucing peliharaan sedang tidur
ilustrasi kucing peliharaan sedang tidur

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi akan melakukan vaksinasi rabies gratis pada ribuan hewan yang berpotensi besar menularkan rabies.

Faksinasi binatang itu akan dilaksanakan pada perinatan Hari Rabies Sedunia 28 September 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, Arief Setyawan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan rabies di Banyuwangi.

Vaksinasi ini, lanjut dia, diperuntukkan bagi hewan pembawa rabies, seperti kucing,  anjing, kera, musang, atau binatang lain yang berpotensi besar menularkan rabies.

"Sebanyak 2.300 dosis vaksin sudah kami siapkan. Ini akan diberikan kepada dua kelompok sasaran, yakni hewan liar sebanyak 1.500 dosis dan hewan peliharaan 800 dosis," kata Arief.

Vaksinasi gratis untuk hewan peliharaan akan digelar pada puncak peringatan Hari Rabies Sedunia, pada 28 September mendatang.
Warga yang memiliki kucing, anjing, monyet, dan musang bisa memanfaatkan program ini.

Caranya mudah, cukup mendaftar secara online via link:  bit.ly/VaksinasiRabiesDispertaBWI, pendaftaran online ini telah dibuka mulai 17 September 2021 lalu.

"Untuk hewan peliharaan kami gelar di rumah sakit hewan, dan 10 pusat kesehatan hewan (Puskeswan) se-Banyuwangi. Saat mendaftar, warga bisa memilih lokasi yang terdekat dengan rumahnya," terang Arief.

"Semuanya prosesnya tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain pendaftaran via online, vaksinasi juga dilakukan secara drivethru," pungkasnya.

Sementara untuk hewan liar, urai Arief, vaksinasi sudah dilakukan sejak pertengahan Agustus lalu dengan menyasar kucing dan anjing.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler