Angin Kencang di Gambiran Banyuwangi Puluhan Rumah Rusak 

Senin, 20 September 2021 09:02 WIB

Share
Angin kencang robohkan rumah di Gambiran Banyuwangi/IST
Angin kencang robohkan rumah di Gambiran Banyuwangi/IST

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan angin kencang yang terjadi di Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengakibatkan 36 unit rumah warga rusak. 

Peristiwa yang terjadi bersamaan dengan turunnya hujan ini berlangsung pada Minggu (19/9/2021), pukul 03.30 WIB.

“Rumah tersebut rata-rata mengalami kerusakan pada bagian atap. Kuatnya angin menyebabkan genteng rumah warga berserakan,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D.  dalam siaran Pers BNPB Senin (20/9/2021).  

Selain itu, seorang warga setempat mengalami luka-luka akibat kejadian tersebut.

“Satu warga mengalami luka ringan di bagian kepala akibat material bangunan,” terangnya. 

Petugas BPBD setempat merujuk warga Dusun Sumberejo, Desa Wringinagung, ke Puskesmas Jajag. 

Setelah angin kencang mereda, lanjutnya warga bergotong royong memperbaiki kerusakan rumah warga. Hingga Minggu siang, masyarakat masih terus menyelesaikan perbaikan atap yang rusak. 

Warga terdampak akan mendapatkan bantuan material bangunan dari pihak Kecamatan Gambiran. Penyelesaian kerusakan akan dilanjutkan pada Senin ini  setelah bantuan material bangunan tiba di lokasi. 

“Petugas gabungan mengoperasikan dua dapur umum untuk membantu warga masyarakat yang melakukan gotong royong,” jelasnya. 

Di samping itu, pohon yang roboh telah dibersihkan petugas yang dibantu oleh masyarakat setempat. Petugas gabungan yang terlibat dalam upaya penanganan darurat berasal dari BPBD kabupaten, TNI, Polri, aparat desa dan kecamatan serta RAPI setempat. 

Halaman
Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar