Perpustakaan UK Petra Satu-Satunya dari Surabaya Yang Menerima Penghargaan dalam Gemilang Perpusnas 2021

Rabu, 15 September 2021 20:42 WIB

Share
Gemilang Perpustakaan 2021 yang digelar Perpusnas RI
Gemilang Perpustakaan 2021 yang digelar Perpusnas RI

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra) menjadi satu-satunya Perpustakaan Perguruan Tinggi di Surabaya yang menerima penghargaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) untuk kategori Kontributor Indonesia OneSearch (IOS) yang disampaikan langsung secara daring melalui acara Gemilang Perpurnas 2021 pada 14 September 2021.

“Puji Tuhan. Kami sangat senang bisa menerima penghargaan ini, bahkan kami sama sekali tidak berpikir akan mendapatkan penghargaan ini.”, ungkap Dian Wulandari, S.IIP., selaku Kepala Perpustakaan UK Petra saat dihubungi melalui ponselnya (15/9/2021).

Bertepatan dengan acara Gemilang Perpustakaan yang bertepatan dengan hari kunjung Perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September dan Bulan Gemar membaca, sekaligus melakukan penyerahan penghargaan.

Untuk tahun 2021 ini, Perpusnas memberikan penghargaan beberapa kategori baik itu perorangan, komunitas, institusi pendidikan maupun lembaga pemerintah hingga yang telah memperjuangkan literasi di tengah masyarakat.

UK Petra sendiri mendapatkan penghargaan kategori sebagai Kontributor Data Tertinggi Portal Indonesia One Search (IOS) urutan ke-9

UK Petra ingin untuk berbagi pengetahuan dan hasil riset sivitas pada masyarakat maka peran scholarly communication atau komunikasi ilmiah yaitu sistem dimana hasil penelitian dan karya ilmiah lainnya.

Untuk disebarluaskan ke komunitas ilmiah, disimpan dan dilestarikan untuk digunakan pada masa mendatang yang dapat dijalankan dengan baik oleh Perpustakaan UK Petra.

Berdasarkan data di website https://onesearch.id/, UK Petra yang sudah bergabung dengan IOS sejak tahun 2015 dan telah terbagi 186.144 judul koleksi untuk bisa diakses oleh masyarakat.

Pengertian dari Indonesia One Search atau disingkat IOS adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari Perpustakaan, museum, hingga arsip diseluruh Indonesia.

Selain itu, portal ini juga menyediakan akses kesumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan oleh perpusnas RI untuk semua anggota yang terdaftar.

Untuk bergabung dengan IOS, setiap repositori harus menyediakan API berbasis OAI-PMH (Open Archive Initiatives), sebuah protokol pengambilan meta data yang sudah digunakan oleh 75% lebih repositori di dunia.

Menurut Dian bahwa data koleksi UK Petra bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat umum diseluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Kedepannya UK Petra akan mengupdate data kontak dan meningkatkan kuantitas koleksi digital kami, termasuk jurnal terbitan UK Petra oleh LPPM.

Dengan semakin banyaknya data ilmiah yang dapat diakses oleh masyarakat maka hal ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Indonesia sesuai dengan amanat dari kepala Perpusnas RI yaitu Bapak Mohammad Syarif Bando.(arso)**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler