Korsel Luncurkan Kapal Fregat Baru, Torpedo Anti-Kapal Selam Diluncurkan dari Udara

Rabu, 8 September 2021 23:35 WIB

Share
Fregat baru Korsel delengkapi rudal antikapal selam/ist
Fregat baru Korsel delengkapi rudal antikapal selam/ist

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Angkatan Laut Korea Selatan menyatakan pada hari Rabu (8/9) bahwa upacara peluncuran fregat baru kelas Daegu, Pohang, digelar di Galangan Kapal Okpo Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) di Geoje, Provinsi Gyeongsang Selatan, Korea Selatan. 

Kapal fregat berbotot 2.800 ton ini adalah yang keenam dari delapan kapal Future Frigate eXperimental (FFX) Batch II yang memiliki kemampuan serangan darat yang telah ditingkatkan, kemampuan serangan bawah air dengan peluru kendali taktis dan torpedo anti-kapal selam jarak jauh. 

Dengan panjang 122 meter, lebar 14 meter, dan tinggi 35 meter, kapal Pohang dipersenjatai dengan senjata 5 inci, rudal kapal-ke-kapal, rudal taktis kapal-ke-permukaan, dan sistem senjata pertahanan jarak dekat.


Torpedo anti kapal selam dipasang untuk meningkatkan kemampuan pendeteksian dan serangan dari kapal selam musuh. Tidak seperti torpedo biasa yang diluncurkan dari air, torpedo ini diluncurkan ke udara dengan perangkat propulsi roket dan kemudian masuk ke laut untuk menyerang kapal selam.

Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem peluncuran vertikal Korea (K-VLS) untuk menembakkan rudal taktis permukaan-ke-udara (K-SAAM).

Kapal fregat ini dapat mengangkut satu helikopter untuk operasi maritim, dan memiliki mesin dengan sistem propulsi hibrida yang menggunakan turbin gas dan motor penggerak untuk mengurangi kebisingan di bawah air.


Setelah menjalani uji coba, kapal fregat Pohang akan dikirim ke Angkatan Laut pada awal tahun 2023 dan akan dikerahkan setelah menyelesaikan proses elektrifikasi.**

Reporter: Admin Jatim
Editor: Admin Jatim
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar