Brad Binder Menangi MotoGP Austria 2021 di Trek Basah, Rossi Posisi 8

Minggu, 15 Agustus 2021 22:29 WIB

Share
Brad Binder Menangi MotoGP Austria 2021 di Trek Basah, Rossi Posisi 8
Brad Binder/Instagram

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Brad Binder memenangkan MotoGP Austria 2021 yang kacau di Red Bull Ring setelah menantang hujan deras dengan ban slick, sementara Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan Joan Mir mengukir posisi kedua, ketiga dan keempat di lintasan basah

Bagnaia, yang memimpin sebagian besar balapan 'kering', akan membutuhkan hanya satu putaran lagi untuk melewati Binder tetapi pembalap Afrika Selatan itu mendapat penghargaan karena menjadi satu-satunya anggota grup utama yang tetap berada di luar dengan licin dan merayakan kemenangan MotoGP keduanya.

Pebalap seperti Iker Lecuona, Luca Marini dan Valentino Rossi juga melewati hujan dengan licin dan memegang podium di lap terakhir, sebelum ditangkap dan dilewati oleh mereka yang memakai ban basah.

Rintik hujan mulai turun saat para pebalap duduk di grid, mendorong Marc Marquez untuk beralih ke slick belakang yang lembut, dengan asumsi cuaca akan memburuk. Semua pengendara lain terjebak dengan karet sedang atau keras.

Pada tahap pertengahan, hujan lebat telah mereda, tetapi Marquez tidak menunjukkan tanda-tanda memudar di trek lunak, menyelesaikan trio terdepan di belakang Bagnaia dan pemimpin gelar Fabio Quartararo.

Pembalap Repsol Honda itu kemudian kembali ke posisi kedua saat Quartararo melebar dengan 8 lap tersisa. Hanya Bagnaia yang sekarang berdiri di antara Marquez dan berpotensi meraih kemenangan pertama di Red Bull Ring - dan ketika rintik hujan mulai turun sekali lagi, Marquez sejenak memimpin dari Bagnaia.

Tapi kali ini hujan cukup deras untuk mengirim orang-orang seperti Jack Miller dan Alex Rins ke pit untuk motor basah mereka, dengan lima lap tersisa, sementara kelompok terdepan yang melambat tiba-tiba bertambah menjadi enam pebalap!

Marquez awalnya menguasai kekacauan untuk menghindari kerumunan saat hujan semakin deras, tetapi dengan empat lap tersisa dia bergabung dengan Bagnaia, Quartararo, Martin dan Mir di pit untuk basah, meninggalkan Binder memimpin dari Aleix Espargaro, Takaaki Nakagami dan Rossi.

Dengan dua lap tersisa Rossi sempat naik ke podium, tapi hujan deras berarti apa pun masih bisa terjadi.

Marquez memimpin grup 'basah' di tempat kesepuluh, tetapi 33 detik dari Binder dan kemudian jatuh di Tikungan 1 pada lap kedua dari belakang, meninggalkan Bagnaia sebagai pebalap 'basah' teratas.

Halaman
Reporter: Admin Jatim
Editor: Srumekso
Sumber: Crash
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar