5 Jenis Minuman Rempah Warisan Jaman Majapahit Ini Bisa Tingkatkan Imun

Kamis, 5 Agustus 2021 08:47 WIB

Share
Wedang Uwuh Imogiri
Wedang Uwuh Imogiri

JATIM.POSKOTA.CO.ID - Di saat pandemi sekarang ini secara tidak sadar membuat orang kembali mengangkat kearifan lokal, yakni dengan menikmati secangkir minuman rempah, yang diyakini dapat meningkatkan imun.

Harga yang sangat terjangkau dan dengan mudah membuatnya, sebenarnya ramuan minuman rempah-rempah ini sudah ada dan dilakukan orang sejak jaman nenek moyang.

Bahkan penjelasan tentang kegunaan minuman rempah untuk pengobatan itu, sudah tertulis di naskah Kesusasteraan yaitu Kitab Sarasamuccaya pada masa jaman Majapahit.

Menurut penjelasan dari @budayasaya Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI, kelima jenis minuman rempah itu adalah:

1. Minuman Jahe Serai

Sekarang sudah banyak kita temukan dibeberapa warung atau kedai kekinian, tempat nongkrong dengan konsep kedai modern. Jahe Serai ini bermanfaat bagi kesehatan selain bisa membantu detoksifikasi tubuh, juga bisa mengurangi resiko kanker serta membuat pencernakan lebih sehat.

2. Wedang Uwuh Imogiri
Minuman yang semakin banyak disukai ini sudah termasuk dalam Warisan Budaya TakBenda pada tahun 2017, Wedang Uwuh ini awalnya dikenal berasal dari Imogiri, Bantul.

Berbagai jenis herbal yang menjadi isi kandungan dalam Wedang uwuh ini diantaranya kayu manis kering, cengkeh termasuk batang, daun, serta bunganya.

Jahe, gula batu, serutan kayu secang kering, serai (akar dan daun), kapulaga dan pala kering (daun dan buahnya), konon minuman ini jaman dahulu menjadi sajian khas para raja.

3. Seruni, hampir sama sama dengan Jeser
Seruni ini adalah sebuah singkatan Serai Jeruk Nipis, keistimewaan Serai bisa berpadu dengan tetesan Jeruk Nipis yang banyak kandungan vitamin C.

4. Bir Pletok
Merupakan minuman khas Betawi telah dikenal sejak lama karena khasiatnya bermanfaat bagi tubuh.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler