Melacak Data Foto Zwembad (Kolam Renang) Manggarai Jakarta Selatan 1935

Sabtu, 5 Juni 2021 10:03 WIB

Share
Foto bagunan Stasiun Manggarai. Foto kanan: wanita berpose di depan Kolam Renang Manggarai zaman Belanda. (foto: koleksi daniel supriono)
Foto bagunan Stasiun Manggarai. Foto kanan: wanita berpose di depan Kolam Renang Manggarai zaman Belanda. (foto: koleksi daniel supriono)

JATIM.POSKOTA.CO.ID | JAKARTA - Foto dua wanita di depan bangunan bertuliskan " Zwembad Manggarai " adalah foto hitam putih koleksi saya pribadi.

Foto yang dibuat sekitar tahun 1952  itu (tertera di albumnya yang saya dapatkan) awalnya saya mengira bangunan tersebut adalah gerbang stasiun Manggarai Jakarta Selatan.

Namun setelah saya teliti ada kata-kata  Zwembad, kemudian saya terjemahkan lewat google translate ke  bahasa Belanda artinya adalah Kolam Renang.

Sementara di postingan di grup lain di Facebook, ada akun milik Bintoro Hoepoedio juga memposting foto bangunan Zwembad Manggarai secara utuh dengan tampilan berwarna, tertera tahun 1935.

Bangunan kolam renang Manggarai Jakarta di zaman Belanda. foto diperoleh dari KITLV Leiden Belanda

Akhirnya terjawab sudah, foto dua wanita tersebut yang berpose di depan bangunan kolam renang, bukan stasiun Manggarai namun  bangunan Zwembad (kolam renang) Manggarai, Jakarta.

Itulah sedikit pengalaman dari saya, cara meriset data foto untuk mendapatkan akurasi yang sebenarnya dari sejumput data tentang apa yang ada di  foto.

Dalam meriset  sebuah foto bisa dilacak lewat foto pertama (data primer), kemudian foto kedua (data sekunder) atau foto ketiga dan seterusnya. 

Foto dari atas kolam renang Manggarai di zaman Belanda. (foto koleksi: KITLV Leiden Belanda)

Dari situlah nanti data-data akan mengalir, kemudian kita kumpulkan untuk memperoleh informasi yang kita inginkan.

Selain itu, data bisa juga dilacak melalui informasi berita pada masa itu menyangkut : Batavia, Manggarai, kolam renang, atau bangunan di wilayah Jakarta Selatan khususnya di wilayah Bukit Duri, Manggarai dan sekitarnya.

Di tayangan YouTube tentang Zwembad Manggarai banyak data yang saya dapatkan,  Zwembad Manggarai dibuka pada tahun 1934.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler