Gawat! 12 Orang Penghuni Rusun Positif Covid-19, Pemkot Surabaya Gelar Swab Hunter Seluruh Rusun

Selasa, 25 Mei 2021 17:13 WIB

Share
Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara. foto: surabaya
Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara. foto: surabaya

JATIM.POSKOTA.CO.ID | SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memastikan 12 orang penghuni rumah susun (rusun) Blok D, Rusun Penjaringan Sari, terkonfirmasi Covid-19.

Karena itu, Pemkot Surabaya langsung melakukan swab hunter di seluruh rusun yang dikelola oleh Pemkot Surabaya yang ada di Kota Surabaya.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara menceritakan, satuan petugas (Satgas) Covid-19 melaporkan, terdapat dua orang terpapar Covid-19 di rusun tersebut pada Jumat (21/5/2021) lalu.

Tanpa menunggu lama, keesokan harinya tim Dinas Kesehatan (Dinkes) langsung melakukan tracing di wilayah itu. Alhasil, sebanyak 74 orang penghuni  blok D menjalani tes swab dan sterilisasi wilayah.

"Kemarin malam Minggu (22/5/2021) hasilnya keluar dan dinyatakan 12 orang yang terindikasi covid-19," kata Febri, Senin (24/5/2021).

Melihat hal itu, Febri menyebut Pemkot Surabaya langsung mengambil sejumlah langkah. Salah satunya yakni, sebanyak 18 rusun milik pemkot melaksanakan tes swab secara serentak.
Dalam kegiatan itu, tim puskesmas akan mendatangi rusun atau menjemput bola sesuai dengan masing-masing wilayah. "Seperti misalnya Rusun Bandar Rejo dan Romokalisari maka yang bertugas adalah Puskesmas Sememi," urainya.

Selain itu, agar swab hunter berjalan semakin masif, tim gabungan personel satgas akan diterjunkan.

Bahkan, dia memastikan TNI dan polri juga ikut mengkondisikan tes swab hunter tersebut. "Selain TNI Polri anggota Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo pasti terlibat juga," terangnya.

Menurut dia, hal ini menjadi penting dilakukan untuk memetakan kembali lokasi penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Pahlawan.

Bahkan, tidak hanya itu, Febri mengurai langkah ini diambil untuk memastikan apabila ada penghuni rusun yang telah melakukan kegiatan di luar kota selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah maka wajib untuk mengikuti tes swab.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler