Kapal Van der Wijck Ternyata Tenggelam di Perairan Laut Jawa, Dekat Kota Ini.

Rabu, 5 Mei 2021 20:31 WIB

Share
Tim explorasi Kapal Van der Wijck / Dok Lamongankab
Tim explorasi Kapal Van der Wijck / Dok Lamongankab

JATIM.POSKOTA.CO.ID | LAMONGAN, Kebenaran tenggelamnya kapal Van der Wijck di perairan Lamongan terkonfirmasi, setelah melaksanakan eksplorasi di sekitar area yang diduga kuat merupakan lokasi kapal Van der Wijck karam mulai Kamis, 29, April 2021.

Informasi tersebut diungkap oleh tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB)  Jawa Timur yang dibantu 5 orang dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan,  satu orang dari Polairud Lamongan beserta 6 orang nelayan. 

Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho, mengungkapkan, ekspedisi dan eksplorasi akhirnya menemukan titik dimana kapal tersebut tenggelam. Setelah melacak 4 jam terus menerus.

Kapal yang mengalami tenggelam dengan korban 226 penumpang pada 20 Oktober 1936 tersebut diduga karam di perairan pantura Lamongan.

Sebelumnya, tim telah bertemu dengan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi untuk melaporkan dimulainya proses eksplorasi kapal Van der Wijck.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, berharap agar eksplorasi kapal Van der Wijck bisa menjadi sukses serta menjadi sumber informasi masyarakat dan generasi ke depan.

Kami juga berkeinginan agar bangkai Kapal van der Wijck ini bisa ditemukan dan ke depan bisa menjadi lokasi wisata bawah laut Lamongan,"  kata bupati yang akrab disapa Pak Yes itu.**

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler