Mengenang Komikus Idola Rakyat Jelata yang Melegenda Sosok Tatang.S

Kamis, 25 Februari 2021 17:06 WIB

Share
Mengenang Komikus Idola Rakyat Jelata yang Melegenda Sosok Tatang.S

POSKOTAJATIM

Punakawan adalah sosok karikatural dalam pewayangan Jawa yang merepresentasikan rakyat kelas bawah yang memiliki peran sebagai penghibur, mengasuh, membimbing, dan menjaga para ksatria yang berkuasa. Berbeda dengan konsep punakawan dalam dunia pewayangan, dalam komik Tatang S. para punakawan ini tidak hadir sebagai pengasuh dari para ksatria. Mereka hadir untuk dirinya sendiri dan tidak melayani siapa pun.

Pada medio tahun 80-an saat dunia komik Indonesia mulai surut, nama Tatang Suhenra atau lebih populer dengan nama Tatang S. justru terkenal sebagai pembuat komik yang menampilkan karakter Punakawan seperti Gareng, Petruk, Bagong, dan Semar.

Komik-komik hasil karya pria berdarah Sunda ini banyak disukai oleh khalayak luas terutama rakyat kelas bawah yang merasa terwakili oleh karakter para tokoh yang dihadirkan oleh Tatang S. Petruk dan Gareng yang paling sering muncul kerap digambarkan sebagai anak muda pengangguran, kerja serabutan, banyak utang, dan sesekali mancing ikan untuk menghabiskan waktu.

BACA JUGA ; Saksikan Misteri Masa Depan dan Saat Ini, Di Drama Korea Sisyphus: The Myth Eps 2 Sub Indo

[page-pagination]

Dipilhnya tokoh punakawan, khususnya Petruk dan Gareng, sebagai pembawa cerita dengan karakter seperti itu adalah sikap Tatang S. untuk menyampaikan pesan bahwa kisah-kisahnya adalah cerita rakyat jelata, orang kebanyakan, dan masyarakat marginal yang ada di sekeliling pembaca dengan kehidupannya selalu penuh oleh lika-liku masalah.

Tema atau cerita yang diangkat oleh Tatang S. dalam setiap komiknya ini ada tiga, yaitu: Romansa, Horor, dan Super Hero. Tentunya semua tema yang Ia angkat ini amat kental dengan kehidupan rakyat jelata pada umumnya.

Namun, sebelum Tatang S. Terkenal dengan sosok Petruk-Gareng dalam setiap lembaran komik hasil aryanya, pada dekade 1970-an, ia gandrung sebagai pembuat komik silat. Telah banyak judul komik silat yang sudah dia buat, dan yang paling terkenal adalah “Si Gagu dari Goa hantu” yangterbit dalam tiga edisi. Komik itu sendiri dibuat untuk menyaingi “Si Buta dari Gua Hantu” yang saat itu juga sedang banyak digandrungi.

BACA JUGA : Pengakuan Video Hot 14 Detik Mirip Dirinya, Gabriella Larasati Diperiksa 5 Jam

Halaman
Reporter: Tania
Editor: Admin Jatim
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler