Gunung Purba yang Indah di Laut Jawa Menyimpan Misteri

Jumat, 29 Januari 2021 16:33 WIB

Share
Gunung Purba yang Indah di Laut Jawa Menyimpan Misteri

POSKOTAJATIM


Pulau Parang yang sejak tahun 1982 ditetapkan menjadi sebuah desa di Wilayah Kecamatan Karimunjawa, sebenarnya memiliki kekayaan   alam dan   budaya yang sangat potensial jika digarap serius menjadi sebuah  obyek wisata. Pulau Parang  tidak kalah dengan Karimunjawa yang telah terlebih dahulu menjadi icon pariwisata bahari di Jawa Tengah.Pulau  yang saat ini dihuni  oleh  1.205 jiwa ini   memiliki keindahan laut yang luar biasa  dan alami. Apalagi kawasan dengan  luas 744  ha  ini   terbentuk karena gunung api purba bawah laut jutaan tahun. Karena itu memiliki aneka ragam bebatuan yang tidak dimiliki oleh pulau lain di Karimunjawa.  Tingginya  tidak lebih 110 m diatas permukaan laut.

Menurut Petinggi Parang, Muh Zainal Arifin, sumber magma terbentuknya pulau Parang konon    langsung berasal dari astenoafer  membuat magmanya bersifat basaltik dan andesitik. Magma ini   langsung berpadu dengan batuan kerak benua. Karena itu bebatuan beku yang kemudian terbentuk memiliki struktur retak-retak yang sangat indah, bagaikan  pahatan alam.


BACA JUGA : Hasil Drawing AFC Cup 2021, Bali United masuk Grup G ASEAN dan Persipura tunggu lawan



Keindahan alam

Karena terbentuk  dari magma gunung purba,  Parang memiliki keindahan yang tidak dimiliki pulau lain di Karimunjawa. Di  pulau ini  terdapat tiga jenis bebatuan dan   yang berwarna putih, hitam dan kuning. Bebatuan hitam di sebelah utara dan sisanya adalah babatuan merah dan kuning. Parang juga memiliki pasir putih di sejumlah  kawasan.

Halaman
Reporter: Tania
Editor: Admin Jatim
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler