Potensi Tsunami Bisa Terjadi di Sulbar Jika Ada Gempa Bumi Susulan Berskala Besar, Kata BMKG

Jumat, 15 Januari 2021 15:12 WIB

Share
Potensi Tsunami Bisa Terjadi di Sulbar Jika Ada Gempa Bumi Susulan Berskala Besar, Kata BMKG

POSKOTAJATIM

Ada potensi gempa susulan berkekuatan tinggi di Sulawesi Barat. Jika gempa susulan itu terjadi dalam waktu dekat, dikhawatirkan berdampak tsunami. Demikian dikatakan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati.

Dwikorita menyebut gempa susulan bisa juga berkekuatan 6,2 magnitudo seperti yang terjadi pada Jumat (15/1) dini hari tadi.

"Pusat gempa ada di pantai, memungkinkan terjadinya longsor bawah laut. Sehingga, masih atau dapat pula berpotensi terjadi tsunami jika masih ada gempa susulan berikutnya," kata Dwikorita dalam jumpa pers daring, Jumat (15/01/2021).

BACA JUGA: Cara Menanam Tanaman Cabai agar Tumbuh Lebat dan Cepat Berbuah

Karena itu, Dwikorita meminta masyarakat di Majene untuk bersiaga. Ia meminta masyarakat siap evakuasi jika terjadi gempa susulan. Dwikorita juga memperingatkan masyarakat untuk menghindari bangunan rentan. Sebab, gempa yang terjadi di Majene sejak kemarin punya kekuatan meruntuhkan bangunan.

Selain itu, ia juga memberi peringatan dini kepada masyarakat di tepi pantai, untuk segera melakukan evakuasi jika terjadi gempa susulan.

Halaman
Reporter: Tania
Editor: Admin Jatim
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler